Senin, 17 Oktober 2011

Resume Testing dan Implementasi Part 1

Testing adalah suatu proses memastikan program yang telah dibuat telah sesuai. dan dapat dikatakan sebagai proses pemantapan kepercayaan akan kinerja program atau sistem sebagaimana yang diharapkan.

Waterfall
Sebuah model pendekatan dalam perancangan sofware. Memiliki beberapa urutan penting :
  1. Requirement Specification
  2. Design
  3. Implementation
  4. Testing
  5. Deploy and Maintenance

Testing software  adalah proses mengoperasikan software dalam suatu kondisi yang dikendalikan, untuk verifikasi, mendeteksi error, dan validasi.
Verifikasi adalah pengecekan atau pengetesan entitas-entitas, termasuk software, untuk pemenuhan dan konsistensi dengan melakukan evaluasi hasil terhadap kebutuhan yang telah ditetapkan.
Validasi melihat kebenaran sistem, apakah proses yang ditulis dalam spesifikasi  adalah apa yang sebenarnya diinginkan atau dibutuhkan oleh pengguna.
Deteksi error. Testing seharusnya berorientasi untuk membuat kesalahan secara intensif, untuk menentukan apakah suatu hal tersebut terjadi bilamana tidak seharusnya terjadi atau suatu hal tersebut terjadi dimana seharusnya mereka ada.
Dari beberapa definisi diatas testing merupakan aktifitas pengumpulan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan evaluasi efektifitas kerja
3 Faktor Kualitas
  • Fungsionalitas, bagaimana program berinteraksi dengan kondisi luar. Hal - hal yang memiliki keterkaitan yaitu tentang kebenaran, reliability, kegunaan, dan integritas.
  • Rekayasa, bagaimana kualitas dalam dapat dipertanggung jawabkan. Hal - hal yang memiliki keterkaitan yaitu tentang efisiensi, testabilitas, dokumentasi, dan struktur.
  • Adaptabilitas, bagaimana kualitas program itu kedepan atau dapat menyesuaikan untuk masa depan. Hal - hal yang memiliki keterkaitan yaitu tentang flexibilitas, reusabilitas, mantanabilitas.
Link Terkait : http://stikom.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar